Foto Selfie Artis dan Model

Aneh Monyet Selfie Ditanya Hak Cipta

Rabu, 06 Agustus 2014

Aneh Monyet Selfie Ditanya Hak Cipta

Seseorang tentu tak akan mau foto selfie miliknya dimanfaatkan orang lain tanpa sepengetahuan dirinya. Tapi, apa jadinya ketika yang menjadi obyek permasalahannya adalah foto monyet yang sedang selfie?

Hal ini yang dialami oleh Wikimedia, yayasan yang menaungi Wikipedia. Lembaga ini, diminta oleh salah satu fotografer untuk menurunkan foto selfie seekor monyet yang dipublikasikan di situsnya.

Wikimedia menolak permintaan itu. Pasalnya, monyet itu memotret dirinya sendiri (selfie) dan sang fotografer tak seharusnya mempunyai hak atas cipta foto tersebut. Karena bukan dirinya yang mengambil foto itu.

"Dia tidak bisa memiliki foto itu, karena ia tidak mengambil foto tersebut," kata editor Wikimedia.

Mereka menegaskan bahwa itu dalam domain publik, karena sebagai karya hewan (non-manusia), sehingga manusia tidak bisa memiliki hak ciptanya. Apalagi dibuktikan, memang monyet itu yang memegang kameranya sendiri.

Hal ini juga dibenarkan oleh pengacara hak intelektual Brad Newberg dari firma Reed Smith. Dia setuju bahwa fotogragfer yang tak disebutkan namanya itu tak berhak mendapatkan hak cipta atas foto yang tidak diambilnya tersebut, apalagi hewan.

"Hanya karena ia memiliki kamera, ia tidak dapat memiliki foto itu karena ia tidak mengambil foto tersebut. Ia tidak memilih pencahayaan, ia tidak memilih sudutnya," katanya.

Sumber: Detik.com